RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
A. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
(C1)
D. Indikator :
1.
Menjelaskan algoritma pembagian
sukubanyak.
2. Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa
pembagian dalam algoritma pembagian.
E. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
1.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
2.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
1.
Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa
dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru mengajak untuk berdoa sesuai
dengan (religius).
2.
Mengecek kehadiran siswa (disiplin)
3. Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai
macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk
mengerjakan soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
a.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
b. Bentuk instrumen:
Uraian
c. Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
1. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
a.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
b.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
c.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
2 Januari 2013
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
B. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 2 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1. Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian
masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan algoritma
pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian. (C1)
D. Indikator :
Menentukan hasil bagi dan sisa pembagian sukubanyak oleh
bentuk linear atau kuadrat
Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif, aktif,
kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
3.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
4.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
4.
Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa
dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru mengajak untuk berdoa sesuai
dengan (religius).
5.
Mengecek kehadiran siswa (disiplin)
6. Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai
macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
60’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk mengerjakan
soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
d.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
e. Bentuk instrumen: Uraian
f. Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
2. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
d.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
e.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
f.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
2 Januari 2013
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
C. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : Menggunakan
teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah
D. Indikator :
3. Menentukan sisa pembagian suku-banyak oleh bentuk linear
dan kuadrat dengan teorema sisa.
4. Menentukan faktor linear dari suku-banyak dengan teorema
faktor.
5. .
F. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
5.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
6.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
7.
Guru mengucapkan salam pembuka kepada siswa
dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru mengajak untuk berdoa sesuai
dengan (religius).
8.
Mengecek kehadiran siswa (disiplin)
9. Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai
macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk
mengerjakan soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
g.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
h. Bentuk instrumen:
Uraian
i.
Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
3. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
g.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
h.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
i.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI
FADILAH, S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
D. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : Menggunakan
teorema sisa dan teorema faktor dalam pemecahan masalah (C1)
D. Indikator :
G. Menyelesaikan persamaan
suku-banyak dengan menggunakan teorema faktor
H. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
7.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
8.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
10. Guru mengucapkan
salam pembuka kepada siswa dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru
mengajak untuk berdoa sesuai dengan (religius).
11. Mengecek kehadiran
siswa (disiplin)
12.
Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk
mengerjakan soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
j.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
k. Bentuk instrumen:
Uraian
l.
Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
4. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
j.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
k.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
l.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
E. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
(C1)
D. Indikator :
6.
Menjelaskan algoritma pembagian
sukubanyak.
7. Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa
pembagian dalam algoritma pembagian.
I. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
9.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
10.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
13. Guru mengucapkan
salam pembuka kepada siswa dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru
mengajak untuk berdoa sesuai dengan (religius).
14. Mengecek kehadiran
siswa (disiplin)
15.
Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk mengerjakan
soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
m. Tehnik : Tugas kelompok, tes
n. Bentuk instrumen:
Uraian
o. Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
5. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
m.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
n.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
o.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
F. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
(C1)
D. Indikator :
8.
Menjelaskan algoritma pembagian
sukubanyak.
9. Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa
pembagian dalam algoritma pembagian.
J. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
11.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
12.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
16. Guru mengucapkan
salam pembuka kepada siswa dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru
mengajak untuk berdoa sesuai dengan (religius).
17. Mengecek kehadiran
siswa (disiplin)
18.
Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk mengerjakan
soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
p.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
q. Bentuk instrumen:
Uraian
r.
Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
6. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
p.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
q.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
r.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
G. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
(C1)
D. Indikator :
10.
Menjelaskan algoritma pembagian
sukubanyak.
11. Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa
pembagian dalam algoritma pembagian.
K. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
13.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
14.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
19. Guru mengucapkan
salam pembuka kepada siswa dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru
mengajak untuk berdoa sesuai dengan (religius).
20. Mengecek kehadiran
siswa (disiplin)
21.
Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk mengerjakan
soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
s.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
t.
Bentuk instrumen: Uraian
u. Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
7. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
s.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
t.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
u.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
H. IDENTITAS MATA
PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
(C1)
D. Indikator :
12.
Menjelaskan algoritma pembagian
sukubanyak.
13. Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa
pembagian dalam algoritma pembagian.
L. Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
15.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
16.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
22. Guru mengucapkan
salam pembuka kepada siswa dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru
mengajak untuk berdoa sesuai dengan (religius).
23. Mengecek kehadiran
siswa (disiplin)
24.
Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk mengerjakan
soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
v.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
w. Bentuk instrumen:
Uraian
x. Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
8. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
v.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
w.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
x.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
I.
IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : Madrasah Aliyah Negeri Negara
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Jurusan :
XI.IPA
Alokasi waktu : 3 x 45 menit ( 1 kali pertemuan)
B. Standar Kompetensi: 1.
Menggunakan aturan sukubanyak dalam penyelesaian masalah.
C.Kompetensi dasar : 1.2 Menggunakan
algoritma pembagian sukubanyak untuk menentukan hasil bagi dan sisa pembagian.
(C1)
D. Indikator :
14.
Menjelaskan algoritma pembagian
sukubanyak.
15. Menentukan derajat sukubanyak hasil bagi dan sisa
pembagian dalam algoritma pembagian.
M.Nilai Karakter : religius, disiplin, jujur, komunikatif,
aktif, kreatif, inovatif dan mandiri
F. Tujuan
Pembelajaran
Siswa dapat:
17.
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran, dan
ogive serta penafsirannya dengan benar (C1)
18.
Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive dengan
benar(C1)
G. Materi Ajar
Statistika
Diagram
garis, diagram batang, diagram lingkaran, ogive, dan histogram
H. KKM : 80
I. STRATEGI PEMBELAJARAN :
1.
Pendekatan : CTL
2.
Model pembelajaran : DI atau
Pembelajaran langsung
3. Metode :
Demonstrasi, penugasan, ceramah, dan tanya
jawab
J. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
(KBM)
Sintaks
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Siswa
|
Waktu
|
Metode
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan mempersiapkan siswa
|
Kegiatan awal:
Apersepsi:
25. Guru mengucapkan
salam pembuka kepada siswa dengan ucapan Assalamualaikum. Selanjutnya guru
mengajak untuk berdoa sesuai dengan (religius).
26. Mengecek kehadiran
siswa (disiplin)
27.
Dengan bertanya (questioning). Mengingat kembali tentang berbagai macam data.
Motivasi :
Menyampaikan manfaat mempelajari materi membaca sajian data dalam bentuk
diagram dan menafsirkannya data dalam
bentuk diagram batang, garis, lingkaran, dan ogive
- “anak-anak, apabila
kalian menguasai konsep penyajian data dan penafsirranya kalian akan mampu
menyelesaikan masalah yang berkaitan
dengan penyajian data dan penafsirrannya dalam kehidupan sehari-hari
Tujuan: Kalian mampu membuat , mengembangkan dan
menyelesaikan masalah yang ada dalam
kehidupan sehari hari yang berkaitan dengan penyajian data serta
penafsirrannya, melalui peristiwa
konstektual.
|
Siswa mendengar, menjawab dengan seksama komunikatif
Siswa mendengarkan dengan seksama dan mencatat
Mendengar dan tumbuh minat belajarnya
|
10’
|
Ceramah dan Tanya jawab
Ceramah dan tanya jawab
|
Fase 2
Mendemonstrasikan pengetahuan atau keterampilan
|
Kegiatan
inti:
Mendemonstrasikan ketrampilan yang
benar, atau menyajikan informasi tahap demi tahap.
|
Eksplorasi
Mendengarkan penjelasan guru dengan seksama dan mencatat serta tanya
jawab tentang penyajian
data dan penafsiranya (Disiplin, kritis, aktif)
|
105’
|
Ceramah, tanya jawab, dan demonstrasi
|
Fase 3
Membimbing Pelatihan
|
Guru membimbing siswa dalam mengerjakan
latihan soal.
|
Elaborasi
Siswa
mengerjakan soal latihan yang diberikan guru
Bekerja sama, saling menghargai, aktif, kreatif
|
Tanya jawab, diskusi, penugasan
|
|
Fase 4
Mengecek
pemahaman dan memberikan Umpan Balik
|
·
Guru meminta anak untuk mengerjakan
soal di papan untuk mengecek seberapa jauh pemahaman siswa
·
guru mengevaluasi hasil pekerjaan siswa,
mengoreksi, memberikan umpan balik dan penguatan.
|
Elaborasi
Beberapa Siswa mengerjakan soal di papan
Bekerja sama,
saling menghargai, aktif, kreatif
Konfirmasi Antar siswa mengomentari, mengoreksi,
memberikan umpan balik dan mendapat penguatan dari guru aktif, inovatif, kritis, saling
menghargai
|
|
|
Fase 5
Memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan
dan penerapan
|
Kegiatan penutup :
·
Memberikan pelatihan lanjutan, dengan memberikan
tugas (PR).
·
Salam penutup
|
· Siswa menulis PR untuk dikerjakan di rumah.
· Siswa menjawab salam
|
20’
|
|
K.Penilaian
:
y.
Tehnik : Tugas kelompok, tes
z. Bentuk instrumen:
Uraian
aa. Contoh Instrumen
Indikator pencapaian Kompetensi
|
TEKNIK
|
BENTUK
|
INSTRUMEN PENILAIAN/SOAL
|
|||||||||||||||
1. Menyajikan data dalam bentuk diagram batng garis, lingkaran dan Ogive serta
penafsirrannya (C1)
2. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batng
garis, lingkaran dan Ogive (C1)
|
Tes
Tes
|
Subyektif
Subyektif
|
9. Hasil minyak goreng
pada toko Rahayu, periode bulan Juni – Oktober 2009.
Tabel hasil penjualan bulan
juni – Oktober 2009
30
◘
25 ◘
20 ◘
15
10 ◘
5 ◘
JUN JUL AGS SEP OKT
|
.
M.Rubrik Penskoran
No Soal
|
Deskriptor Jawaban
|
Skor
|
1-2
|
a. Siswa dapat membaca
sajian data dan mengidentifikasi dengan benar
b. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian kurang sempurna
c. Siswa dapat menyebutkan jawaban tetapi
uraian salah
d. Siswa dapat
menyebutkan jawaban tetapi salah atau menguraikan tetapi salah
e. Siswa tidak menyebutkan jawaban sama
sekali
|
4
3
2
1
0
|
Pedoman Penskoran
Nomor : Bobot Soal
1. :
5
2. :
5
Nilai Akhir =
N. Sumber
dan Media Pembelajaran
y.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA: PIRANTI
z.
Buku Pelajaran Matematika kelas XI IPA, Erlangga, Sartono
Wirodikromo 2007
aa.
Lembar Kerja Siswa
Negara,
14 Juli 2014
Mengetahui :
Kepala MAN Negara Guru Mata Pelajaran Matematika
Drs.H.ARJIMAN, M.Pd SITI FADILAH,
S.Pd
NIP.196612311994031032 NIP.197808072006042002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar